Awal Juli, Sejumlah Kabupaten di Aceh Dilanda Karhutla

 Awal Juli, Sejumlah Kabupaten di Aceh Dilanda Karhutla

Memasuki awal Juli, Provinsi Aceh diwarnai dengan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di beberapa kabupaten. Hingga saat ini, petugas pemadam kebakaran di beberapa wilayah kejadian masih terus berjibaku untuk memadamkan api, Minggu (5/7/2020).

Karhutla pertama dilaporkan terjadi di dua desa, yakni, Leuhan dan Lapang, di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Total lahan yang dilaporkan terbakar sejak akhir Juni itu seluas 10,5 hektare.

Laporan dari otoritas terkait yang dirilis pada Sabtu (04/7/2020), menyebutkan bahwa persentase lahan terbakar yang dipastikan padam baru 80 persen. Hingga Minggu sore, belum ada laporan lanjutan berapa total lahan yang telah dipadamkan.

“Api membesar tiba tiba salah satu kebun warga yang sedang membersihkan kebun, diduga kebakaran terjadi akibat pembersihan kebun. Kondisi terakhir, api masih membakar lahan di beberapa titik dan asap masih terlihat,” terang Staf Pusat Data dan Informasi BPBA, Haslinda Juwita, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

Di Kabupaten Nagan Raya, lahan yang dilaporkan terbakar pada 04 Juli baru bisa dipadamkan sembilan hektare dari total lahan terbakar yang diperkirakan seluas 12 hektare.

Para petugas mengalami sejumlah kendala, seperti, terbatasnya sumber air, arah angin yang berubah-ubah, serta diakibatkan karena faktor lahan yang berjenis gambut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah mengerahkan satu unit ekskavator untuk mengeruk parit guna memanipulasi gerakan api. Masyarakat bahkan ikut meminjamkan empat unit pompa air untuk menyokong petugas agar api cepat padam dan tidak merambat luas.

Redaksi

Memberikan informasi pilihan secara cepat, akurat dan terpercaya di Nanggroe Aceh Darussalam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *